Jumat, 12 Juli 2019

Sebuah Pengantar

Amber Fort, Jaipur 2019

Q : Ngapain sih ke INDIA ?????????

A : Penasaran ! 

Apa ada yang masih ingat dengan pelajaran jalur sutra ? Cerita cinderalla atau Aladin ? Roma atau Persia ? Jazirah Arab ? Datangnya orang-orang Hindia-Belanda ? Masuknya tentara Jepang ? Atau apapun sejarah Dunia ? Betapa menakjubkannya ada bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Prancis, maupun bahasa Cina. Film Titanic. Kartun Doraemon. Dorama Korea !  Ya, i'm still curious dengan semua-semuanya yang berkaitan dengan hal-hal di luar dari Indonesia.

Sejak sekolah dasar, saya lebih tertarik dengan apa yang ada di luar dari daerah saya. Misalnya, makanan pokok suku A, pakaian khas suku B, bahasa daerah C, jumlah penduduk D, dan seterusnya. Dari sebuah buku tebal ensiklopedia dunia yang berisi informasi umum mengenai negara-negara seluruh dunia, telah menjadi jendela untuk melihat lebih jauh. 

Kemudian internet masuk desa ! Informasi dunia luar semakin dekat, semakin menggoda !

Terlebih ada aplikasi wisata 3 dimensi, saya ingat sekali jalan-jalan ke Piramida di Mesir dengan hanya menggerakan mouse dengan tangan. Dunia internet semakin gila, saya bahkan bisa menyusuri jalan-jalan kecil di Jepang hanya dengan menggunakan jari telunjuk.

Rasa-rasanya tinggal melangkah saja, pasti sampai.

Panggilan hati yang tak puas berwisata dengan monitor 14 inch warnet depan kampus, menuntun kaki untuk berani berjingkrak di tanah yang nyata, menghirup udaranya, bermandikan cahaya mataharinya, memandang langit malamnya.

Akhirnya aku dan kegilaanku bertemu. Kami meniti bersama jalur-jalur takdir yang membentang samar namun meyakinkan. I just trust me. I followed my lead.

Pada masanya, Shahrukh Khan menjadi ikon Bollywood. 2006 ada filmnya berjudul "DON" yang booming, syuting berlatar belakang Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. Sejak SMA penasaran setengah mati mau jalan ke Malaysia. Tahun bahula, tiket airasia cuma bisa dibeli pakai kode virtual dari bank CIMB. Untungnya waktu kuliah tinggal di kota, bisa ngurus buka rekening baru yang mana dulu itu perlu setengah hari untuk selesai proses akun baru. And then saya kecanduan berwisata naik airasia (eh, maskapai tiket murah deh maksudnya).

INDIA ada pada top list sejak awal ! So, here we go ...





Tidak ada komentar: